Gunung Sewu



Yogyakarta populer sebagai destinasi wisata di Indonesia seperti halnya Bali. Sama-sama memiliki kawasan taman bumi, Bali punya Gunung Batur Geopark sedangkan Jogja punyai Gunung Sewu Geopark yang lokasinya di daerah Gunungkidul.

Pegunungan Sewu itu membentang di 3 wilayah yang berbeda mulai dari Gunungkidul, Wonogiri hingga Pacitan. Ketiga daerah itu terkenal sebagai kawasan karst, areanya lebih didominasi oleh pegunungan berbukit-bukit, batuan kapur, goa-goa, sungai bawah tanah, air terjun, daerah cekungan dan lain sebagainya. Meskipun daerahnya gersang, kaya akan keanekaragaman hayati.

Seiring dengan perjalanan waktu, perlahan tapi pasti. Daerah yang gersang itu kini menjadi taman bumi yang sudah diakui oleh dunia. Mendengar itu, tentunya menjadi kabar yang menggembirakan. Tetapi jangan sampai lupa, harus tetap menjaga kelestarian alamnya yang masih alami. Termasuk keragamanan flora dan faunanya harus tetap terlindungi.

Disamping itu, kawasan Taman Bumi Gunung Sewu ini mempunyai keunikan alam tersendiri, pokoknya beda dari yang lain. Walaupun daerahnya terbilang gersang, banyak wisatawan yang hadir berbondong-bondong mengunjungi kawasan tersebut. Apalagi kalau musim liburan tiba, ramainya bukan main. Yang piknik silih berganti, berdatangan. Tahu kenapa? Karena wilayah tersebut mempunyai keindahan alam yang tersembunyi bagaikan surga.

Kalau boleh dibilang Gunung Sewu Geopark itu taman bumi paling istimewa di dunia. Sebagian besar sebagai kawasan cagar alam, sebagiannya lagi dijadikan obyek wisata. Tempat-tempat wisatanya sangat menarik, banyak alternatif pilihan tujuan wisatanya. Tak hanya obyek wisata alamnya yang populer, tetapi juga wisata budayanya. Kesenian tradisional pun kembali dihidupkan, kerajinan dan kuliner khas daerah setempat pun juga dipopulerkan kembali.

Benar-benar mengesankan, daerah yang gersang itu sekarang menjadi destinasi wisata populer. Mereka yang suka traveling, bersemangat datang ke daerah tersebut. Baik itu para pelancong domestik maupun turis mancanegara. Banyak yang menganggap bahwa surga dunia itu tersembunyi ada disana.

Wisata alam di Jogja yang paling disukai wisatawan sebagian besar ada di wilayah Gunungkidul. Selain memiliki pantai-pantai yang indah, Gunungkidul juga mempunyai wisata alam yang bagus-bagus. Anda dapat tubing di Goa Pindul, menyaksikan dari dekat cahaya surga Goa Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk surga tersembunyi di sungai Oyo, dan di Gunung Api Purba Nglanggeran kalian dapat menatap indahnya alam terbuka tanpa batas.

Daerah Wonogiri dan Pacitan, kondisi alamnya sebagian besar perbukitan kapur serupa dengan Gunungkidul. Banyak terdapat goa-goa. Obyek wisatanya pun juga tak kalah menarik, sama-sama bagusnya. Untuk wisata alam di Wonogiri yang paling populer adalah Waduk Gajah Mungkur dan Goa Putri Kencono.

Sedangkan wisata alam di Pacitan yang paling populer adalah Goa Gong goa terindah se-Asia Tenggara, Goa Tabuhan dan Luweng Ombo. Pantai-pantai di Pacitan terkenal memiliki ombak bagus, surganya para peselancar dunia. Selain itu, karena mempunyai banyak goa, daerah Pacitan dijuluki sebagai Kota Seribu Goa.

Gunung Sewu Geoprak memang istimewa, tak hanya sebagai destinasi wisata tetapi juga sebagai taman bumi. Dan keindahanan alamnya selalu dirindukan para traveler.

© 2017, Gunungsewu Geopark