Berita Terkini
02 Oktober 2019
STUDI TIRU PEMERINTAH KABUPATEN SIJUNJUNG, SUMATRA BARAT
Dilihat  63       Komentar  0


Pemerintah Kabupaten Sijunjung Sumatra Barat mengadakan kunjungan studi tiru dan sharing informasi pengembangan dan promosi wisata khususnya di kawasan Geopark Gunungsewu ke Kabupaten Gunungkidul pada Kamis (26/09/2019) di Bangsal Sewokoprojo. Rombongan di pimpin langsung oleh Bupati Sijunjung Drs. Yuswir Arifin, MM di dampingi oleh beberapa pejabat/ kepala OPD Dari Pemkab Sijunjung  di antaranya Asisten III, dr. Edwin Suprayogi, M.kes, Kadis PUPR, Ir. Budi Syafarman, Kadis Parpora, Afrenaldi, SH, Kabag Umum Jasril, Kabag Humas, Yunani, Kasubbag Humas, AAzneldi, Kasubbag. Pemberitaan, SSri Maryati beserta puluhan wartawan dari berbagai  media cetak dan elektronik yang ada di Kabupaten Sijunjung. Rombongan di sambut langsung oleh Bupati Gunungkidul  Hj. Badingah, S.Sos yang juga didampingi oleh beberapa pejabat/ kepala OPD Dari Pemkab Gunungkidul.

Pada kesempatan ini Bupati Gunungkidul memaparkan bagaimana kondisi Gunungkidul yang dulunya di pandang sebelah mata sebagai daerah kering dengan sebagian masyarakatnya sebagai petani  dan tergantung pada tadah hujan, tapi dengan ciri khas masyarakatnya yaitu gotong royong, saling tolong menolong dan kerja bakti yang tinggi di dukung dengan SDA yang kaya pantai, pegunungan dan sumberdaya pariwisata berbasis masyarakat di dukung dengan informasi sehinggga menentukan perkembangan Gunungkidul seperti saat ini. Dalam kesempatan yang sama di sampaikan juga mengenai kiat kiat pembangunan akses jalan menuju DTW yang di jadikan prioritas dalam rangka mendukung pembangunan pariwisata oleh Asisten II Azman Latif yang dalam kesempatan ini bertindak sebagai moderator dalam sesi Tanya jawab, pengelolaan kepariwisataan, pengembangan ODTW dan peningkatan SDM pariwisata oleh Kadinas Pariwisata Ir. Asti Wijayanti, MA, Pengelolaan dan pemanfaatan Informasi untuk mendukung pengembangan pariwisata yang sesuai dengan perkembangan dunia informasi saat ini oleh Kadis Kominfo Kelik Yuniantoro, S.Sos, MM, dan pemaparan tentang pengelolaan Geopark Gunungsewu oleh GM Geopark Gunungsewu Ir. Budi Martono  yang terdiri dari tiga Kabupaten di tiga Propinsi Gunungkidul-DIY, Wonogiri- Jawa Tengah dan Pacitan di Jawa Timur, kondisi sosial ekonomi masyarakat di kawasan Geopark Gunungsewu dan yang tidak kalah pentingnya yaitu dari hasil revalidasi  Geopark Gunungsewu masih layak menjadi anggota UGG (Unesco Global Geopark) dan berhasil meraih green card yang sangat mendukung peningkatan pengembangan sektor pariwisata dan konservasi kawasan karst tentunya.

Karena begitu indahnya Geopark Silokek, Ngarai Sihanok dan Sawahlunto seperti ucap GM Geopark Gunungsewu Ir. Budi Martono, Kabupaten Sijunjung dapat mengembangkan sektor pariwisatanya menjadi lebih maju kedepan dan semua itu bermuara untuk kesejahteraan rakyat. Bupati Sijunjung berharap, dari hasil studi tiru ini kedepan dapat diaplikasikan sesuai dengan situasi dan kondisi di daerahnya.

© 2019, Gunungsewu Geopark