Berita Terkini
06 Mei 2019
RAIH PENGHARGAAN, DESA WISATA NGLANGGERAN MENJADI PIONIR DALAM PENGELOLAAN HOMESTAY DI DIY
Dilihat  80       Komentar  0



 

Situs Geologi Gunung Api Purba Nglanggeran yang sudah diakui ditingkat dunia,menjadi salah satu Daya Tarik Wisata unggulan di Kabupaten Gunungkidul. Desa Wisata Nglanggeran telah banyak dikunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Berbagai macam kemasan Paket wisata yang ditawarkan dengan harga yang bervariatif mulai harga Rp.50.000,- hingga Rp.1.300.000,- sangat diminati oleh Biro Perjalanan Wisata, maupun wisatatan umum.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola antara lain mulai dari atraksi dan daya tarik wisata alam, buatan dan budaya juga dilengkapi homestay dan kuliner yang menjadikan wisatawan betah dan ingin kembali ke Desa wisata Nglanggeran.

Tingkat kunjungan wisatawan yang menginap di Desa Wisata Nglanggeran, terus mengalami peningkatan, menjadi peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan rumah tinggalnya menjadi Homestay. Fasilitas penginapan di Desa Wisata Nglanggeran saat ini telah tersedia 80 homestay yang siap memanjakan wisatawan untuk menginap dan merasakan kuliner masakan khas Gunung Api Purba Nglanggeran.

Desa Wisata Nglanggeran kembali menunjukan eksistensinya dalam kepariwisatan ditingkat DIY, Aris Budiyono Homestay sebagai perwakilan Desa Wisata Nglanggeran, menyabet  gelar Juara 1 Lomba Homestay tingkat DIY pada tanggal 30 April 2019, dengan menyingkirkan 14 homestay lain dari Kabupaten Kota se DIY termasuk dari Homestay Banyunibo  padukuhan Batur dan Homestay Kampungmas padukuhan Plumbungan Desa Putat Kecamatan Patuk yang juga menjadi perwakilan Kabupaten Gunungkidul

Kepala Dispar DIY  Singgih Raharjo, SH, M.Ed berharap penyelenggarakan Lomba Homestay tingkat DIY tahun 2019 dapat memotivasi masyarakat dalam membangun Desa Wisata juga sebagai upaya evaluasi dan meningkatkan daya saing Desa Wisata di DIY.

© 2019, Gunungsewu Geopark